October 29, 2018

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penurunan Berat Badan
5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penurunan Berat Badan

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penurunan Berat Badan - Sangat menyebalkan untuk anda yang merasa tidak dapat menurunkan berat badan, bahkan dengan diet dan olahraga sekalipun. Menurunkan berat badan bisa menjadi hal yang sangat memberatkan, terutama ketika anda tidak dapat melihat hasil yang anda lakukan selama penurunkan berat badan. Kadang-kadang hal ini menuntun orang untuk mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang tidak sehat, seperti diet berlebihan atau rutinitas olahraga yang ekstrem.

Upaya mempercepat penurunan berat badan ini cenderung gagal jika tidak disertai perubahan gaya hidup yang sehat. Berikut adalah lima hal yang perlu anda ketahui tentang penurunan berat badan.


1. Makan yang cukup

Jika anda membatasi asupan kalori atau membiarkan tubuh anda kelaparan, maka tubuh anda tidak akan melepaskan berat atau lemak yang dibawa oleh tubuh anda. Sebaliknya, tubuh anda akan masuk ke mode kelaparan. Ini akan menyebabkan metabolisme anda menjadi melambat, karena tubuh anda mencoba untuk melindungi asupan makanan yang dimiliki oleh tubuh anda. Jika anda mencoba melakukan ini dan kemudian mulai makan dengan normal, anda sudah memperlambat metabolisme anda, yang kemudian akan menghasilkan kenaikan berat badan.

2. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mendatangkan malapetaka pada sistem tubuh anda dan menyebabkan kenaikan berat badan. Pertama, tanpa tidur yang cukup, tubuh anda akan menghasilkan kortisol berlebihan, yang merusak kesehatan secara keseluruhan. Kelebihan kortisol menyebabkan tubuh anda menyimpan lemak lebih banyak. Ini dapat membatalkan niat diet anda, sehingga upaya penurunan berat badan anda tidak berjalan dengan lancar.

Jika anda tidak cukup tidur, hormon leptin anda mungkin tidak seimbang. Hormon ini mengontrol perasaan puas anda setelah makan, dan tanpa cukup tidur, otak anda mungkin tidak mendapatkan sinyal untuk berhenti makan ketika anda kenyang.

3. Minum air putih

Air mempunyai peranan yang sangat penting untuk tubuh anda. Air dapat membantu dalam upaya menurunkan berat badan. Pertama, air dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Air juga penting untuk membersihkan isi tubuh anda yang tidak diperlukan dan membuang racun-racun didalam tubuh. Tetap terhidrasi juga menjaga pikiran anda tetap tajam dan organ anda bekerja pada tingkat optimal. Kadang-kadang ketika anda merasa lapar, anda mungkin saja haus dan membutuhkan segelas air yang cukup. Cobalah minum air tiga puluh menit sebelum makan untuk mengisi perut anda. Ini akan menyebabkan anda makan lebih sedikit karena perut anda sudah kenyang. Ini akan membantu mengatur nafsu makan anda dan itu pasti akan melarang anda untuk makan berlebihan.

4. Tidak semua makanan yang mengandung kalori yang sama baik untuk tubuh

Wortel dan es krim yang sama-sama mengandung 100 kalori, memiliki kandungan protein yang berbeda meski sama-sama menyimpan 100 kalori. Karena yang terkandung dalam protein tanpa lemak adalah kalori yang paling bermanfaat bagi tubuh anda dan tanpa meningkatkan gula darah anda. Protein tanpa lemak juga membantu mengekang nafsu makan anda untuk jangka waktu yang lama dan membantu anda merasa kenyang. Penting juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Beberapa jenis karbohidrat kompleks seperti sayuran juga penting. Makanan-makanan ini menyediakan semua jenis nutrisi yang berbeda dan menyuplai tubuh anda dengan energi. Jika anda ingin menurunkan berat badan, hindari makanan yang mengandung gula berlebihan seperti coklat, pasta, roti, makanan olahan, keripik, dan soda. Penting juga untuk mendapatkan cukup serat, bukan hanya untuk membantu anda tetap kenyang, tetapi untuk membantu mengatur sistem pencernaan anda.

5. Membuat jurnal makanan yang Anda makan per hari

Tuliskan semua yang anda makan. Ini akan membantu anda dalam beberapa cara. Pertama, ini akan memberi anda gambaran tentang berapa banyak kalori yang sebenarnya anda makan per hari. Anda mungkin makan terlalu berlebihan tanpa anda sadari. Selain itu, mungkin tubuh anda sangat berat untuk menyimpan karbohidrat atau gula.

Kedua, jika anda tahu anda harus menuliskan semua makanan yang anda makan, itu mungkin mencegah anda untuk makan terlalu banyak. Ini akan membantu anda tetap konsisten atas diet yang anda lakukan dan menjaga asupan kalori anda. Ini akan memastikan anda mendapatkan berbagai vitamin dan nutrisi dalam diet anda dan tidak mengonsumsi makanan yang sama setiap hari. Pastikan untuk menjaga asupan air anda agar tetap cukup.

Satu hal yang harus diingat saat mencoba menurunkan berat badan yaitu menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari. Ini berarti makan makanan dalam jumlah sedikit setiap beberapa jam, sehingga anda tidak pernah merasa sangat lapar, dan anda tidak pernah merasa terlalu kenyang. Ini adalah salah satu perawatan terbaik untuk menurunkan berat badan.

This Is The Oldest Page