November 6, 2018

Apa Saja Nutrisi Yang Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan ?
Apa Saja Nutrisi Yang Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan ?

Selama kehamilan, ibu hamil perlu menjaga sifat dietnya selama kehamilan, dengan makan makanan yang seimbang, bervariasi dan aman untuk menjaga kesehatan pada wanita hamil. Selain meningkatkan berat badan ibu dan anak dengan cara yang alami dan sehat, kebanyakan wanita hamil tidak membutuhkan kalori ekstra selama trimester pertama, sementara sebagian besar wanita hamil membutuhkan sekitar 340 kalori ekstra per hari selama trimester kedua. Selama sepertiga terakhir kehamilan, anda membutuhkan sekitar 450 kalori tambahan per hari.

Untuk nutrisi yang sehat dan seimbang selama kehamilan, wanita hamil dianjurkan mencakup kelompok makanan berikut.


1. Biji-bijian sebagai energi untuk tubuh

Sereal adalah sumber utama energi untuk tubuh, karena mengandung karbohidrat. Bagi wanita hamil dianjurkan untuk makan biji-bijian utuh. Seperti, roti gandum, beras merah, dan pasta gandum utuh. Produk ini mengandung serat, zat besi, vitamin B, dan mineral lainnya.

2. Buah dan sayuran mengandung gula yang dibutuhkan untuk tubuh

Wanita hamil disarankan untuk makan berbagai jenis buah-buahan yang tidak mengandung gula tambahan. Kelompok ini menyediakan tubuh yang mengandung vitamin, mineral dan serat yang diperlukan selama kehamilan. Namun, perlu dicatat bahwa minum terlalu banyak jus dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

3. Protein untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Para ahli gizi merekomendasikan mendapatkan cukup protein pada 75-100 gram per hari. Sumber protein dengan kandungan lemak sangat rendah, seperti daging, kacang-kacangan, telur, kacang-kacangan, produk kedelai dan selai kacang. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin

4. Susu

Wanita hamil disarankan untuk minum susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D setiap hari.Termasuk keju, sebaiknya susu yang diminum bebas lemak atau rendah lemak dan kemungkinan menggantikan mereka dengan produk tanpa laktosa dalam kasus jika ada masalah dalam mencerna gula laktosa.

5. Lemak sehat

Wanita hamil disarankan untuk makan yang mengandung lemak sehat yang penting untuk keselamatan perkembangan otak pada janin. Seperti kenari, alpukat, ikan berlemak sehat dan minyak zaitun.

6. Serat makanan

Pentingnya makan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan adalah untuk mendapatkan jumlah serat yang cukup penting untuk mencegah masalah sembelit dan wasir, sehingga dianjurkan hamil mendapatkan 20-35 gram serat per hari.

7. Air

Wanita hamil disarankan minum air yang cukup, diperkirakan 10 gelas atau 2,4 liter per hari. Termasuk cairan lain seperti jus dan teh. Pentingnya air minum adalah untuk memastikan akses ibu ke bayi, pencegahan sembelit, wasir, saluran kemih dan infeksi kandung kemih selama kehamilan.

8. Vitamin dan mineral penting selama kehamilan

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral selama kehamilan. Perlu disebutkan bahwa mineral dan vitamin penting untuk wanita hamil karena mengandung asam folat, zat besi dan kalsium. Asam folat dalam pencegahan cacat tabung saraf dan pembuatan sel darah merah. Sedangkan zat besi membantu mencegah anemia defisiensi besi. Selanjutnya kalsium adalah dasar dalam pembentukan tulang dan gigi dan penting untuk pertumbuhan dan kerja jantung.

Ada banyak elemen lain yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti yodium yang bertanggung jawab untuk mengatur proses metabolisme, fungsi tiroid, dan magnesium yang penting dalam pengaturan kadar gula darah. Kalium bertanggung jawab untuk pengaturan tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Vitamin B6 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan sistem saraf janin.