December 30, 2018

14 Masker Wajah Alami dan Cara Penggunaannya
14 Masker Wajah Alami dan Cara Penggunaannya

Pola makan yang tidak teratur, pemilihan makanan yang tidak sehat, kesalahan perawatan kulit, paparan berlebihan terhadap pencemaran lingkungan dan sinar matahari yang keras, membuat kulit menjadi tidak bernyawa dan rentan terhadap jerawat, munculnya pigmentasi dan munculnya tanda-tanda awal penuaan. Namun, ada berbagai macam produk seperti krim, gel, lotion yang terbuat dari bahan kimia serta bahan berbahaya lainnya. Selain itu, harganya juga mahal dan memiliki efek negatif dalam jangka panjang.

Yang perlu kalian lakukan sekarang adalah fokus menggunakan masker alami untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bergizi. Gunakan masker ini untuk merawat semua jenis kulit seperti kulit kering, kulit berminyak, kulit normal dan kulit campuran yang membutuhkan jenis perawatan kulit yang berbeda. Berikut ulasannya.


1. Penggunaaan masker dengan putih telur dan yoqurt tawar

Yang harus kalian lakukan adalah mencampur dua putih telur dan menaruhnya di mangkuk, lalu tambahkan 2 sendok makan yogurt tawar. Campur di wajah kalian dan biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Masker untuk menghilangkan bekas luka

Campurkan 1 sendok makan bubur gandum halus, 1 sendok makan yogurt tawar dan panaskan beberapa tetes madu dalam sedikit air hangat selama satu menit, dan campur semua campuran menjadi satu. Campur campuran masker ini di wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Masker untuk kulit kering

Campurkan setengah cangkir bubur labu segar dengan dua telur. Jika kulit kalian kering, kalian bisa menambahkan 2 sendok makan susu dan kacang almond. Dengan kulit berminyak, kalian dapat menambahkan 2 sendok makan cuka sari apel atau jus cranberry. Oleskan masker ini ke wajah dan biarkan selama 15-30 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Masker pisang untuk melembabkan wajah

Campurkan pisang matang dengan 1 sendok makan madu, lalu tambahkan beberapa tetes jus jeruk atau lemon. Oleskan masker ini dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin diikuti dengan handuk hangat.

5. Masker wortel dan madu untuk kulit berminyak

Wortel adalah bahan yang efektif dalam perawatan kulit karena mengandung beta karoten, vitamin C dan K, yang sangat berguna untuk kulit yang sehat. Wortel digunakan sebagai masker alami untuk kulit berminyak dengan mengurangi kelebihan sebum pada kulit.

Sifat antibakteri alami madu menghambat munculnya jerawat. Selain itu, ia juga menutup pori-pori terbuka, melembabkan kulit untuk membuatnya halus dan lentur dan membantu mencegah keriput serta dapat menghilangkan kulit berminyak.

Cara Penggunaannya:
  • Giling wortel dan campur dengan satu sendok makan madu dan
  • Oleskan masker ini pada wajah kalian selama 15 menit,
  • Kemudian bilas dengan air dingin untuk hasil yang luar biasa.

6. Masker kentang dan yoqurt untuk pemutihan wajah

Kentang merupakan sumber vitamin C, yang sangat penting untuk kulit bersama dengan vitamin A, B, fosfor, kalium, protein dan zat besi, yang membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Masker kentang baik untuk kulit, karena membantu kita meringankan kulit terbakar. Yoghurt membantu menghilangkan pigmentasi pada kulit dan menambahkan cahaya yang menarik.

Cara Penggunaannya:
  • Tambahkan setengah potong kentang dengan sedikit yoghurt dan
  • Oleskan campuran masker ini ke wajah kamu dan biarkan selama 15 menit,
  • Setelah itu kalian bisa mencuci wajah dengan air dingin.

7. Masker oatmeal dan susu untuk kulit

Masker oatmeal digunakan untuk melembutkan kulit dan membantu mempertahankan kilau untuk waktu yang lama. Kita juga bisa menyiapkan masker wajah alami untuk pengelupasan kulit dan menyingkirkan sel kulit mati. Masker Oatmeal dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dan sedimen dari kulit.

Ini juga membantu dalam memerangi pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat. Susu adalah pelembab alami terbaik untuk kulit dan juga berfungsi sebagai kondisioner untuk kulit terbakar dan warna kulit yang cerah, juga efektif untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan sedikit oatmeal dengan susu dan
  • Biarkan campuran ini untuk beberapa waktu,
  • Kemudian oleskan ke wajah dengan gerakan memutar dan biarkan selama 15 menit dan
  • Kemudian bilas dengan air dingin.

8. Masker gandum dan minyak zaitun untuk kulit kering dan sensitif

Bibit gandum adalah sumber vitamin D yang baik, yang membantu menyehatkan kulit kering dan sensitif. Baik bibit gandum maupun minyak biji gandum digunakan secara lokal dan internal untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Gandung juga dapat digunakan untuk masker wajah alami yang efektif yang membantu dalam penyembuhan penyakit kulit sehingga mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, dan D bersama dengan antioksidan dan asam lemak.

Gandum juga merupakan sumber vitamin E yang kaya untuk mencegah kerusakan kulit dan mendukung Pembentukan kolagen untuk menjaga warna kulit. Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami terbaik untuk kulit yang membantu melembabkan dan elastisitas kulit, dan membantu regenerasi sel-sel kulit.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan biji-bijian gandum dan minyak zaitun dan
  • Oleskan campuran ini pada wajah selama 10 menit,
  • Kemudian bilas dengan air hangat.

9. Masker untuk perawatan penyakit kulit dan nutrisi kulit

Ragi adalah sumber vitamin, protein, dan selenium yang baik. Juga memberikan energi untuk sel-sel kulit dan membantu mengobati penyakit kulit seperti jerawat, bisul dan eksim. Ragi kaya akan vitamin B dan membantu melindungi kulit.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan satu sendok makan ragi dengan 2 sendok makan krim dan
  • Oleskan campuran ini pada wajah selama 20 menit.
  • Cuci wajah kalian dengan air hangat dan
  • Kemudian lagi dengan air dingin, dan
  • Jangan menggosok wajah sampai benar-benar kering.

10. Masker pasta mint dan air mawar

Obat alami mint untuk mengurangi kulit berminyak. Daun mint mengandung mentol bersama dengan sifat antibakteri yang membantu menghilangkan minyak berlebih dari epidermis dan mengontrol produksi sebum berlebih. Mint sering digunakan dalam pembersih kulit. Vitamin A dalam mint menguatkan dan memperbaiki jaringan kulit untuk melembutkan kulit dan membantu menghilangkan bekas luka.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan satu sendok makan air mawar dengan daun mint bubuk.
  • Oleskan masker ini pada wajah selama 2 jam dan
  • Kemudian Bilas dengan air dingin.

11. Masker wajah dengan kunyit

Dengan sifat anti-bakteri, anti-inflamasi dan anti-jamur, kunyit adalah obat alami untuk kulit yang rentan terhadap eksim dan jerawat. Kunyit bertindak sebagai penenang yang efektif dalam mengurangi masalah ini.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan satu sendok makan kunyit dengan sedikit air untuk mendapatkan pasta kental.
  • Campur campuran di wajah dan biarkan selama 15 menit dan
  • Bilas dengan air dingin.

12. Masker untuk melembabkan dan menghilangkan kemerahan kulit

Cuka apel membantu menstabilkan pH kulit, sementara oatmeal mengurangi iritasi dan bahan-bahan lainnya berfungsi untuk menenangkan dan melembabkan kulit.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan 1 1/2 sendok makan oatmeal dengan 2 sendok makan susu, 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok teh madu dengan 1 cangkir teh hijau. 
  • Oleskan masker ini pada wajah kalian dan biarkan selama 10-15 menit dengan kain lembab. Terakhir bilas wajah kalian dengan air dingin hingga hangat, tetapi tanpa menggunakan sabun. 
  • Ulangi dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

13. Masker untuk kulit lebih segar

Eksfoliasi wajah kalian secara teratur, metode ini membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan lebih cerah.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan 3 sendok makan krim segar dengan 1 cangkir gula putih, 1/2 cangkir gula merah, 1/2 cangkir parutan almond, dan 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Campurkan campuran ini pada wajah dan biarkan hingga kering. 
  • Selanjutnya, gosokkan di wajah dengan gerakan memutar.
  • Lalu bilas wajah kalian dengan air hangat, diikuti dengan air dingin.

14. Masker untuk melembabkan dan melembutkan kulit

Jeruk bali memberi dorongan pada asam dalam sel regenerasi, membuat kulit lembut, dan vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan kolagen, membuat wajah kalian tampak lebih halus.

Cara Penggunaannya:
  • Campurkan dua sendok makan jus jeruk bali dengan gula yang cukup. 
  • Oleskan campuran ini ke wajah yang basah dan 
  • Biarkan selama 1 menit saja. Lalu, cuci dengan air dingin.