December 29, 2018

5 Cara Merawat Kucing Dengan Tepat
5 Cara Merawat Kucing Dengan Tepat

Memelihara hewan peliharaan tidak hanya sebagai sumber kesenangan atau hobi saja. Sebagai imbalan atas kesenangan kita terhadap hewan peliharaan, kita harus bertanggung jawab untuk merawat dan menjaganya. Seperti merawat kesehatannya termasuk memberikan makan dan memastikan tempat yang layak.

Jika kamu memelihara kucing, maka bertanggung jawablah untuk menyediakan makanan, minuman dan tempat yang aman untuk tinggal, dan mereka percaya bahwa kesehatan hewan atau kucing adalah bagian besar dari tanggung jawab ini. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling banyak menuntut tetapi tenang saja. Kucing juga salah satu hewan yang dapat nurut dengan baik pada majikannya.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa merawat kesehatan kucing sangat kompleks dan sulit, tetapi yakin saja bahwa kamu dapat merawat kucing kamu setiap saat dengan mengikuti lima langkah ini.


1. Tetapkan jadwal untuk merawat kucing

Penting untuk merawat kucing kamu ke klinik hewan secara teratur, pastikan kamu telah membuat jadwal perawatan terutama saat usia kamu bertambah tua karena kucing akan terus tumbuh dan membutuhkan lebih banyak perhatian, Pastikan bahwa untuk menetapkan jadwal perawatan kucing harus jelas, tepat waktu dan sesuai untuk dapat memperbaiki masalah kesehatan sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

2. Perhatikan perubahan perilaku kucing

Kamu juga harus memperhatikan apakah kucing berperilaku normal atau tidak. Seringkali, ketika terkena masalah kesehatan, kucing akan menunjukkan tingkah yang aneh dan tidak seperti perilaku biasanya. Jika kamu melihat gejala-gejala ini, pastikan kamu harus segera memeriksanya dengan dokter hewan.

3. Jangan terlalu berlebihan memberi makan kucing

Beberapa orang percaya bahwa memberi makan kucing dalam jumlah besar adalah semacam untuk memanjakannya. Tetapi ini adalah kesalahan besar dan terlalu berlebihan, karena mungkin akan berakibat buruk. Memberikan makan terlalu banyak pada kucing dapat menyebabkan obesitas atau paparan masalah pencernaan dan membuat usia kucing lebih pendek.

4. Jangan abaikan kesehatan gigi, mata, telinga, dan rajin untuk memotong kukunya

Tidaklah cukup untuk memeriksa tubuh kucing dan tidak boleh mengabaikan kesehatan gigi, mata, telinga, dan rajin untuk memotong kukunya. Dalam banyak kasus gigi mata, telinga, dan rajin untuk memotong kukunya merupakan indikasi dari kondisi kesehatan, dan harus berhati-hati untuk membersihkan dan merawatnya. Perawatan ini dapat dilakukan secara berkala di klinik hewan atau dapat dibersihkan di rumah secara teratur.

5. Jangan abaikan olahraga kucing Anda agar lebih gesit

Kucing juga perlu berolahraga seperti hewan lainnya untuk memastikan kelangsungan hidupnya dalam kesehatan yang baik, jadi pastikan untuk melatih kucing kamu secara teratur untuk membantunya membangun dan mengembangkan otot-ototnya dan menjaga tulangnya agar kuat dan sehat. Olahraga ini bisa dilakukan seperti mengajaknya jalan-jalan atau berlari.