December 28, 2018

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Manfaat Lainnya
Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Manfaat Lainnya

Nama ini terdengar agak aneh bagi kita, tetapi buah ini memiliki manfaat besar. Buah naga adalah buah yang berjenis kaktus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan. Dan kemudian dibudidayakan di kawasan Asia seperti di Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia dan wilayah Asia lainnya.

Buah naga memiliki tekstur yang indah, rasa yang manis, berbentuk bulat dan ada juga yang berbentuk lonjong. Buah ini mekar di malam hari, oleh karena itu, ada yang menyebutnya dengan sebutan bunga bulan atau ratu malam. Buah naga mengandung sedikit kalori serta mengandung banyak vitamin.


Jenis buah naga

  • Buah naga merah: buah ini adalah memiliki kulit berwarna merah dan buahnya berwarna putih.
  • Buah naga kuning: buah ini adalah memiliki kulit berwarna kuning dan bagian dalamnya berwarna putih.
  • Buah naga kosta rika: : buah ini adalah memiliki kulit merah dari luar dan bagian dalamnya juga berwarna merah.

Buah naga ini memiliki beberapa karakteristik

  • Buah naga mengandung vitamin C dan vitamin C ini yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan mudah diserap tubuh.
  • Mengandung vitamin "B1" atau "Thiamin": Buah naga juga mengandung vitamin "B", dan ini membuat tubuh lebih banyak energi dan vitalitas, serta karbohidrat yang diperlukan untuk metabolisme tubuh.
  • Mengandung vitamin "B3" atau "Niacin": Buah naga juga dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.
  • Vitamin B12: Buah naga adalah salah satu stimulan paling alami dari tubuh, karena mengandung vitamin B12 dan membantu orang yang menderita kurang nafsu makan untuk membuat nafsu makan mereka terbuka. Vitamin B12 adalah salah satu vitamin terpenting dari tubuh yang membantu dalam pengobatan nyeri punggung dan persendian.
  • Mengandung serat tinggi: Buah ini kaya akan serat makanan dan buah ini juga merupakan salah satu buah terbaik yang direkomendasikan oleh orang yang menderita sembelit. Buah ini bertindak sebagai pencahar perut dan mengatur pergerakan usus jika terjadi gerakan tidak teratur.
  • Mengandung kandungan mineral tinggi: Buah yang luar biasa ini adalah sumber mineral alami, sumber alami fosfor dan kalsium yang bertanggung jawab untuk memperkuat kekuatan tulang, kesehatan gigi dan membantu fosfor dalam pembentukan jaringan tubuh, serta meningkatkan kapasitas seksual dan revitalisasi.

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Dibawah adalah beberapa manfaat dari buah naga untuk kesehatan tubuh Anda. Seperti kesehatan sistem kekebalan tubuh, kesehatan kardiovaskular, vitamin, pencegahan kanker, membantu sistem pencernaan, antibakteri dan antijamur dan membantu dalam metabolisme dalam tubuh.

1. Kesehatan sistem kekebalan tubuh

Salah satu aspek yang paling berguna dari buah naga adalah kemampuannya untuk memberi Anda dorongan serius pada sistem pertahanan tubuh Anda. Tingginya kadar vitamin C yang dapat ditemukan dalam buah naga adalah salah satu aset terkuat dari sistem kekebalan tubuh dan mereka juga merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh. Mereka secara aktif mencari dan menghilangkan radikal bebas.

2. Kesehatan kardiovaskular

Buah naga adalah buah eksotis dengan sejumlah sifat unik. Tidak mengandung kolesterol dan lemak yang hampir tidak sehat yang mengurangi kemungkinan Anda akan menderita aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. 

3. Vitamin

Buah naga mengandung vitamin bermanfaat lainnya selain vitamin C, termasuk kelompok vitamin B. B1, B2, B3 plus kesehatan kulit, kadar kolesterol untuk fungsi tiroid dan metabolisme karbohidrat. Bahkan satu buah naga mengandung sejumlah besar vitamin yang bermanfaat.

4. Pencegahan kanker

Seiring dengan perlindungan antioksidan serta vitamin C yang terkandung dalam buah naga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya.

Karoten adalah komponen lain dari buah naga yang telah dikaitkan dengan karoten dengan sejumlah kualitas anti-kanker, serta mengurangi ukuran tumor. Pada dasarnya, buah naga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari setiap arah, jadi jika Anda merasa seperti sering sakit, atau bahkan jika Anda berisiko terkena kanker, buah naga mungkin menjadi jawaban untuk Anda.

5. Membantu sistem pencernaan

Selain menghadiahkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga dapat membantu pencernaan Anda tetap teratur. Buah naga memiliki kandungan serat yang hebat, yang berarti buah ini dapat membantu sebagian besar tubuh Anda meningkatkan gerakan ususnya, memperlancar saluran pencernaan, merangsang motilitas usus, dan merangsangnya untuk melepaskannya di saluran pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus, dengan serat makanan, Anda dapat mengurangi peluang Anda dalam kondisi seperti sembelit, kolon saraf, dan penyakit yang lebih serius seperti kanker kolorektal.

6. Antibakteri dan antijamur

Dorongan terakhir untuk sistem kekebalan buah naga adalah dalam kualitas antijamur dan antibakteri. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang bertahan melawan racun, dan juga mencegah masuk atau tumbuhnya infeksi jamur atau bakteri dalam sistem organ. Anda juga akan menemukan bahwa itu dapat merangsang regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh dengan kecepatan yang meningkat.

7. Membantu dalam metabolisme dalam tubuh

Salah satu bagian terpenting dari diet kita adalah asupan protein. Protein adalah yang membuat tubuh berjalan dengan lancar, karena mereka adalah bagian integral dari segalanya mulai dari gigi, rambut, tulang, hingga organ, pembuluh darah, dan jaringan kita. Banyak protein yang berasal dari buah, sayuran, dan daging dari enzim dalam tubuh dan mengubahnya menjadi protein yang dapat digunakan yang dapat mempercepat perbaikan sel, meningkatkan kekuatan, mempercepat metabolisme, dan membantu kita menurunkan berat badan. Dosis protein yang tepat dalam makanan kita akan membantu banyak aspek kesehatan, dan buah naga adalah sumber protein yang luar biasa baik.

Tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan buah naga dan penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan wanita hamil dan wanita menyusui aman untuk memakan buah naga tanpa risiko khawatir.

Manfaat buah naga untuk kecantikan

Manfaat dari buah naga yang tergolong untuk kecantikan seperti dapat melawan penuaan, dapat digunakan dalam masker wajah, mengobati luka bakar pada kulit, perawatan warna rambut dan dapat berkontribusi pada perawatan berat badan.

1. Melawan penuaan

Buah naga kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam memerangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit sehingga tetap awet muda, segar dan lembut.

2. Dapat digunakan dalam masker wajah

Menjaga kulit lebih cerah dan awet muda dengan cara mencampurkan satu sendok makan yogurt dengan setengah butir buah naga dan oleskan masker ini ke wajah Anda selama 20 menit, seminggu sekali.

Cukup tempatkan kandungan buah pada area yang diinginkan dan saat kering cuci wajah Anda. Lakukan ini dua kali sehari.

3. Mengobati luka bakar pada kulit

Pada hari-hari musim panas dan setelah terbakar sinar matahari. Campurkan satu sendok makan sirup dengan jus buah naga dan jus mentimun serta tambahkan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke kulit Anda. Biarkan masker ini selama setengah jam kemudian bilas dengan air dingin. Buah naga kaya akan vitamin B3 yang mampu menjadikannya sumber pelembab yang penting.

4. Perawatan warna rambut

Untuk melindungi warna rambut Anda yang diwarnai. Oleskan jus buah naga di kulit kepala Anda dan biarkan selama 15 menit dan kemudian cuci rambut Anda dengan sampo.

5. Berkontribusi pada perawatan berat badan

Buah naga memiliki lemak rendah kalori, karena dapat membantu Anda merasa kenyang dan meningkatkan metabolisme. Kita tahu bahwa biji buah naga adalah sumber protein yang kaya akan serat.

Informasi dan kiat tentang buah naga

Buah naga dimakan setelah dipotong menjadi dua. Dan dimakan menggukan sendok atau dapat dibuat jus serta juga dapat menambahkannya sebagai komponen dari beberapa jenis jus.Yang terbaik adalah menghindari memilih buah yang sangat matang. Jangan makan buah yang mengandung beberapa memar flek atau retak.

Amankah ibu hamil memakan buah naga?

Ibu hamil bisa memakan buah naga ini yang kaya akan banyak manfaat kesehatan, kandungan vitamin C, serat dan karbohidrat yang penting bagi ibu hamil. Selain kandungan lemaknya yang merupakan bagian kunci memberikan manfaat bagi ibu dan janinnya, terutama untuk kesehatan otak anak.