December 27, 2018

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah naga adalah buah asli Amerika Selatan. Seiring waktu buah ini juga tumbuh di Asia Tenggara. Salah satu buah eksotis yang menawarkan banyak manfaat untuk kulit, rambut dan kesehatan.


Manfaat Buah Naga untuk Kulit

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti melawan tanda – tanda penuaan, mengobati jerawat dan pengobatan dari sengatan matahari.

1. Melawan tanda-tanda penuaan

Buah naga dapat dimasukkan ke dalam sistem perawatan kulit. Karena membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus ketika digunakan seminggu sekali. Tanda-tanda penuaan terjadi karena radikal bebas dalam tubuh kita. 

Karena radikal bebas ini menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menyebabkan keriput. Buah naga merupakan sumber antioksidan yang kaya yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan, yang membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih halus .

Apa yang dibutuhkan
  • 2 buah naga
  • 1 sendok makan yogurt

Apa yang perlu Anda lakukan
Ekstrak pulp dari buah naga dan tumbuk untuk membentuk pasta lembut. Tambahkan yogurt ke pasta, lalu oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas wajah dengan air hangat.

2. Mengobati jerawat

Aplikasi topikal buah naga dapat membantu mengurangi jerawat, karena buah ini kaya akan vitamin C yang bermanfaat dalam pengobatan jerawat.

Apa yang Anda butuhkan
  • ¼ Buah naga
  • 3-4 bola kapas

Metode penggunaannya
Keluarkan ampas buah naga dan giling sampai berubah menjadi pasta lunak menggunakan garpu. Menggunakan bola kapas yang diletakkan di area jerawat dan aplikasikan ke area lain, bola kapas baru digunakan agar bakteri tidak menyebar. Kemudian bilas wajah dengan air hangat setelah 20 menit.

3. Pengobatan sengatan matahari

Menerapkan buah naga di wajah membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh matahari, karena merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kombinasi vitamin E yang telah ditunjukkan bahwa vitamin C bekerja untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet dan meredakan kulit terbakar.

Apa yang Anda butuhkan
  • ¼ buah naga
  • Kapsul vitamin E

Metode penggunaannya
Buang ampas buah naga dan iris dengan garpu. Lalu tusuk kapsul vitamin E dan tambahkan ke buah naga. Gunakan campuran di daerah terbakar sinar matahari, simpan selama 30 menit hingga menjadi efektif. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Manfaat Buah Naga untuk Rambut

Perawatan rambut yang diwarnai : Zat kimia yang menambahkan warna pada rambut Anda membuat rambut kering. Buah naga dapat digunakan untuk mengurangi kerusakan pada pigmen. Buah naga kaya akan nutrisi, itulah sebabnya ia bekerja dengan baik pada rambut yang diwarnai atau dirawat secara kimia.

Buat ekstrak buah naga hingga menjadi pasta lunak. Lalu tempelkan pada rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan selama 15-20 menit, lalu cuci dengan sampo ringan.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari buah naga. Seperti dapat menurunkan kolesterol, membantu dalam pengobatan penyakit lambung, mengurangi gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu dalam mengatur berat badan.

1. Menurunkan kolesterol

Menambahkan buah naga ke dalam makanan adalah ide bagus karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Tidak semua lemak buruk bagi Anda, tetapi lemak tak jenuh adalah bagian penting dari diet seimbang. Biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh. Asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 yang membantu menurunkan kolesterol.

2. Membantu dalam pengobatan penyakit lambung

Buah naga dapat membantu mengobati banyak penyakit perut seperti gangguan pencernaan dan sembelit, karena buah naga kaya akan serat dan mengandung banyak air, menjadikannya sempurna bagi penderita sembelit juga meningkatkan pencernaan.

3. Mengurangi gula darah

Dalan penelitian telah menunjukkan bahwa buah naga dapat mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Buah naga juga kaya akan polifenol, karotenoid, tokoferol dan glukosinol yang membantu mengurangi gula darah.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan buah naga membantu menjaga kesehatan jantung Anda, karena membantu menurunkan kadar kolesterol, yang meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini dapat mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengurangi atherosclerosis yang mengurangi risiko serangan jantung.

5. Membantu dalam mengatur berat badan

Jika Anda mencari cara untuk menurunkan berat badan, tambahkan buah naga ke dalam diet Anda. Buah naga rendah kalori dan mengandung banyak serat yang bertahan lebih lama dalam sistem pencernaan yang selalu memberikan rasa kenyang.

Cara menyimpan buah naga yang baik

Buah naga tidak tersedia, di mana budidaya terbatas pada daerah tropis dan subtropis, di mana mereka perlu diimpor dari negara lain. Saat memilih buah naga, Anda perlu mencari warna buah yang umum. Hindari buah yang berbintik-bintik. Buah naga harus disimpan di lemari es, di mana ia tetap segar selama tiga minggu. Buah naga harus disimpan di tempat yang sejuk agar tidak rusak.