December 22, 2018

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Rambut
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Rambut

Minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang tersusun hampir seluruhnya dari trigliserida, asam lemak yang paling diwakili adalah oleat, linoleat dan palmitat. Makanan dengan banyak kebajikan, berkontribusi pada pertumbuhan tubuh , proses myelination otak dan pembentukan tulang. langsung saja inilah manfaat minyak zaitun yang dapat membantu kesehatan tubuh dan rambut Anda.


Mencegah stroke

Ada banyak penelitian ilmiah yang mengklaim bahwa konsumsi rutin minyak zaitun extra virgin dalam makanan mengurangi risiko stroke. Minyak zaitun secara teratur memiliki 41% risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Mencegah kanker

Antioksidan minyak zaitun dapat mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal dan sebuah penelitian baru-baru ini telah menunjukkan bagaimana senyawa dalam minyak zaitun dapat membasmi beberapa sel kanker. Asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal utama dalam minyak zaitun, telah terbukti dapat menghentikan aktivitas protein yang menyebabkan kanker.

Mencegah diabetes

Minyak zaitun extra virgin kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres ini dengan mengurangi risiko komplikasi diabetes. Selain itu, komponen hadir dalam buah zaitun dapat membantu meningkatkan sekresi insulin, yang dapat mengontrol metabolisme dan membantu mencegah diabetes.

Meningkatkan pencernaan

Minyak zaitun membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang Anda butuhkan. Minyak zaitun berkualitas baik membantu pencernaan dengan melumasi saluran pencernaan seperti lemak. Memungkinkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak yang ada selama makan.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Minyak zaitun extra virgin mengandung antioksidan sehat jantung seperti tokoferol, vitamin E alami. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan melindungi tubuh dari oksidasi kolesterol yang dapat memblokir aliran darah Anda dan menyebabkan pengerasan pembuluh darah. 

Minyak zaitun mengandung antikoagulan anti jantung yang kuat yang mengencerkan darah dan mengurangi pembekuan darah dan penyumbatan pembuluh darah.

Menurunkan kolesterol

Efek menurunkan kolesterol dari minyak zaitun adalah yang terbesar ketika memilih minyak zaitun extra virgin yang kurang diproses dan mengandung lebih banyak antioksidan daripada minyak zaitun lainnya. 

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh ganda, yang merupakan asam lemak yang lebih sehat daripada lemak yang diimpregnasi dan trans. 

Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh ganda dapat menurunkan kolesterol total dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Minyak zaitun juga membantu menjaga kadar kolesterol HDL yang baik dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengurangi ketombe

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe dirambut Anda, cobalah metode yang efektif berdasarkan minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala atau rambut Anda dan biarkan selama satu jam atau semalam menggunakan topi mandi, lalu bilas. 

Jika ketombe disebabkan oleh jamur yang terlalu aktif, hubungi dokter atau dokter kulit untuk memecahkan masalah. Itulah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan rambut yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.