February 22, 2019

Cara Alami Menghilangkan Komedo dengan Mudah dan Aman
Cara Alami Menghilangkan Komedo dengan Mudah dan Aman

Komedo adalah bentuk jerawat ringan yang disebabkan oleh peningkatan lemak dan sekresi minyak dengan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori epidermis, serta lebih sering muncul di area wajah terutama di daerah depan, hidung dan dagu. Masalah kulit adalah masalah serius yang dialami oleh semua gadis terutama masalah komedo.

Komedo selalu muncul di hidung atau sekitar area hidung dan beberapa di pipi. Komedo memengaruhi kecantikan dan penampilan wanita, tetapi tenang saja karena masalah komedo dapat dihilangkan sepenuhnya dengan cara alami, mudah dan sederhana tanpa menghabiskan banyak waktu atau usaha Anda dan memiliki hasil yang efektif.


Penyebab munculnya komedo

  • Ada banyak alasan mengapa komedo muncul, beberapa di antaranya adalah:
  • Faktor genetik. 
  • Kulit berminyak. 
  • Gangguan pada keteraturan hormon tubuh. 
  • Kulit wajah yang berminyak atau kulit wajah yang sensitif.
  • Terlalu berlebihan merawat kulit wajah. 
  • Kulit wajah yang melembab secara berlebihan.

Cara menghilangkan komedo secara alami

Dibawah ini adalah cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa harus ke klinik kecantikan atau salon untuk menghilangkan komedo.

1. Sodium bikarbonat


Cukup campurkan dua sendok makan air dengan sodium bikarbonat. Aduk sampai Anda mendapatkan pasta. Taruh campuran pasta tersebut di area komedo dan biarkan selama 10 menit hingga kering. Kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat dan gunakan dua kali seminggu.

2. Kayu Manis


Kayu manis yang memiliki antibakteri dan bermanfaat bagi kulit terutama dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Cara menggunakannya adalah gunakan dua sendok teh kayu manis dengan satu sendok teh madu sampai Anda mendapatkan adonan dan letakkan campuran tersebut di komedo dan biarkan selama seperempat jam, lalu cuci muka dan masukkan krim pelembab.

3. Lemon

 
Lemon berguna untuk kulit dan dapat menghilangkan sel-sel mati secara alami dan meningkatkan kesehatan kulit. Anda dapat menggosok wajah Anda dengan setengah lemon dan membiarkannya di wajah Anda hingga kering selama 20 menit dan kemudian basuh wajah Anda dengan air hangat.

4. Teh Hijau

 
Teh hijau kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengurangi radang kulit yang cenderung berjerawat, hanya menasionalisasi teh hijau dalam air dan kemudian membiarkannya dingin lalu gunakan tunik kapas untuk menyeka wajah Anda dan membiarkan sampai kering, kemudian cuci wajah dengan air.

Meskipun ada banyak produk medis dan teknik modern seperti laser yang membantu menghilangkan komedo, ada beberapa langkah cara alami selain cara diatas yang dapat membantu menghilangkan komedo. Berikut uraiannya :

  1. Langkah pertama adalah mencuci muka: wajah harus dicuci setidaknya dua kali sehari, karena ini membantu menghilangkan kotoran dan minyak kulit, menggunakan sabun khusus tidak menyebabkan dehidrasi kulit.
  2. Langkah kedua adalah mengupas kulit: Langkah ini membantu menghilangkan lapisan kulit mati.
  3. Langkah ketiga adalah membersihkan wajah menggunakan handuk khusus untuk menghilangkan sisa minyak berlebih jika ada.
  4. Langkah keempat adalah memijat kulit dengan campuran oatmeal dengan air mawar dan biarkan selama 10 menit sebelum dicuci dengan air.

Kiat untuk mencegah komedo muncul

Ada serangkaian kiat umum yang membantu mengurangi dan mengurangi penampilan komedo, termasuk:
  • Jangan terlalu berlebihan menyentuh area tersebut. 
  • Hindari penggunaan kosmetik yang tidak cocok untuk kulit, dan gunakan produk bebas minyak.
  • Hindari pergi ke tempat-tempat yang tercemar lingkungan. 
  • Cuci muka secara teratur, terutama di daerah beriklim basah.
  • Hindari sengatan matahari.
  • Cuci muka dan hapus make-up sebelum tidur dengan baik.

Baca Juga : Masker Wajah Alami untuk Jerawat dan Perawatan Kulit Wajah

Itulah cara alami menghilangkan komedo yang mudah dan sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menghilangkan komedo. Ok sekian dulu dan terimakasih.