February 26, 2019

Jenis Kucing Peliharaan Paling Terkenal dan Populer di Dunia
Jenis Kucing Peliharaan Paling Terkenal dan Populer di Dunia

Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang paling populer di dunia. Kucing adalah hewan predator yang memiliki gigi dan sistem pencernaan yang berspesialisasi dalam mencerna daging. Kucing juga memiliki indera penciuman, pendengaran yang kuat dan dapat melihat dalam keadaan gelap. Kucing diketahui tidur rata - rata 13 sampai 14 jam sehari.

Beberapa jenis kucing mungkin tidur sekitar 20 jam untuk mempertahankan staminanya. Kucing kucing ini umumnya lebih suka tidur pada waktu yang cerah di siang hari karena untuk menghangatkan tubuh mereka dengan memaparkan tubuhnya pada sinar matahari.

Berbagai macam macam kucing ini terkenal karena kepintaran atau kelucuan mereka dalam bermain, terutama kucing kecil. Mereka suka memanjat atau bersantai di tempat - tempat yang tinggi. Bahkan ketika mereka melompat dari ketinggian, mereka dapat menyesuaikan posisi mereka untuk menyentuh tanah dengan empat kakinya.

Kebanyakan kucing tidak suka terkena air. Kebanyakan kucing betina melahirkan anaknya 3 sampai 5 anak kucing. Berikut adalah jenis kucing yang umum dipelihara di dunia yang dapat anda simak dan pelajari.

Baca Juga : Jenis Kupu Kupu yang Ada di Dunia Beserta Gambarnya



Jenis dan macam macam ras kucing yang paling umum

Ada banyak jenis jenis kucing tetapi yang paling terkenal adalah dari ras berikut.

1. Kucing Siam


Kucing siam ditandai dengan tanda - tanda atau area warna yang berbeda dari warna tubuh pada wajah, telinga, kaki dan ekor. Namun, mungkin ada beberapa kucing siam yang tidak memiliki tanda - tanda ini dan banyak kucing siam yang memiliki ujung ekor dengan simpul. Beberapa kucing siam memiliki kepala menonjol dan beberapa kucing siam memiliki kepala lebih besar dan tubuh ramping.

2. Kucing Persia


Kucing dengan wajah imut, moncong pendek yang juga disebut kucing Iran atau kucing Shirazi. Kucing ini banyak dipelihara oleh manusia karena keindahan dari kucing tersebut.

3. Kucing Maine Coon


Kucing ini sangat populer dan berukuran besar dan memiliki bulu yang tebal. Kucing ini berwarna cokelat, tetapi dapat ditemukan dalam warna lain. Kucing Maine Coon memiliki jari ekstra di kaki yang meningkatkan ukuran kakinya. Kaki mereka beradaptasi untuk membantu menangkap makanan mereka ketika salju turun.

4. Kucing Ragdoll


Kucing Ragdoll adalah kucing yang penuh kasih, santai, seperti anjing yang cenderung mengejar pemiliknya di sekitar rumah. Kucing ini menyerupai kucing siam dengan bulu panjang dan mata biru.

5. Kucing Benggala


Disebut kucing benggala diambil dari nama harimau Bengali. Kucing ini adalah hasil dari hibrida antara kucing domestik dan harimau Asia. Oleh karena itu, mereka dicirikan dengan bulu tutul dan penampilan yang liar. Meskipun mereka adalah kucing peliharaan.

6. Kucing Abyssinian


Kucing Abyssinian dicirikan dengan bulu yang unik. Di mana satu bulu berwarna terang dan gelap. Kucing ini kebanyakan memiliki bulu berwarna merah dan oranye. Warna yang paling umum yang menyerupai jenis kucing Ethiopia, tetapi ada juga jenis kucing ini yang berwarna kayu manis atau warna biru atau warna kekuningan terang.

7. Kucing Birman


Kucing Birman adalah seekor kucing yang menyerupai kucing siam bermata biru. Tetapi bulunya panjang sedang dan juga mirip dengan kucing ragdoll. Tidak mengherankan, karena kucing Ragdoll adalah hibrida dari kucing Berman. Tetapi kepribadian kucing ini berbeda dari jenis kucing Ragdoll.

8. Kucing Oriental Shorthair


Jenis kucing ini menyerupai kucing siam. Tetapi berbeda dari warna matanya yang berwarna hijau serta warna dan pola berbagai bulu. Meskipun kucing ini dijumpai berambut pendek yang membuatnya rentan terhadap kanker kulit dan masuk angin. Tetapi beberapa kucing yang termasuk jenis ini memiliki rambut dengan panjang yang berbeda.

9. Kucing Sphynx


Kucing Sphynx adalah jenis kucing aktif dan ramah. Kucing ini sangat unik karena tidak ada bulu yang menutupi kulitnya.

10. Kucing Devon Rex


Berikutnya adalah Kucing Devon Dex. Jenis kucing yang lincah, lucu, ramping dengan rambut bergelombang pendek dan tekstur bulu yang lembut dan memiliki mata yang besar.

11. Kucing Himalaya


Kucing ini mirip dengan kucing Siam. Karena jenis kucing ini hasil dari hibridisasi kucing Persia dan kucing Siam.

12. Kucing American Shorthair


Jenis kucing yang berwajah bulat dengan telinga pendek dan seperti namanya, kucing ini memilik rambut yang pendek dan memiliki karakter yang cerdas.

13. Kucing Eksotis


Jenis hibrida yang mirip dengan kucing Persia. Tetapi jenis kucing ini memiliki bulu yang lebih pendek. Kucing ini tidak perlu banyak perawatan bulu seperti kucing Persia.

14. Kucing British Shorthair


Kucing ini adalah jenis kucing tertua dari Inggris yang memiliki bulu berwarna biru. Tetapi tidak semua jenis kucing ini memiliki bulu berwarna biru.

15. Kucing Lipat Skotlandia


Jenis kucing ini berasal dari Skotlandia. Dinamakan kucing lipat karena keunikannya yang terdapat pada telingnya yang melipat. Namun, ada beberapa kucing lipat skotlandia ini yang memiliki telingga seperti kucing biasa yang tegak dan meruncing.

16. Kucing Domestik atau kucing lokal


Kucing domestik atau kucing lokal adalah jenis kucing tertua dari ras kucing. Kucing ini memiliki semua warna dan pola. Mereka sangat beragam. Beberapa kucing domestik memiliki tubuh yang besar dan ada juga yang kecil, tergantung pada proporsi dan nutrisi mereka.

Itulah jenis kucing peliharaan yang paling terkenal dan populer di dunia yang dapat kami bagikan. Semoga dengan artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan Anda mengenai jenis – jenis kucing ini. Demikian artikel kali ini sekian dan terimakasih.