February 24, 2019

Jenis Kupu Kupu yang Ada di Dunia Beserta Gambarnya
Jenis Kupu Kupu yang Ada di Dunia Beserta Gambarnya

Kupu kupu adalah jenis serangga dengan keindahan yang direpresentasikan dalam sayap mereka dan sifat makanan khas mereka. Kupu kupu sering hinggap di antara bunga - bunga indah untuk mencari makanan mereka. Kupu kupu hidup di berbagai belahan dunia dan hampir di semua lingkungan hidup.

Kupu kupu hidup di ladang, hutan, puncak gunung yang dingin dan gurun yang panas. Tetapi sebagian besar spesies ini ditemukan di daerah tropis. Banyak kupu kupu bermigrasi jauh untuk menghabiskan musim dingin di daerah yang lebih hangat.

Di beberapa daerah tropis, seperti hutan Amazon, lembah sungai Kongo dan Semenanjung Malaya. Setidaknya seribu spesies kupu-kupu hidup di daerah yang mewakili wilayah Oman dan Negara - negara Teluk. Kondisi kehidupan di daerah ini sangat cocok untuk spesies yang berbeda ini.

Sebagian besar larva hanya memakan satu spesies atau beberapa jenis tanaman, tetapi kelimpahan tanaman di daerah tropis memungkinkan banyak spesies atau jenis tanaman untuk hidup berdampingan. Iklim yang konstan tidak mengancam kelangsungan hidup spesies ini.


Jenis kupu kupu

Berikut adalah beberapa jenis kupu - kupu yang mungkin Anda temukan di taman bunga atau halaman rumah Anda.

1 Adonis Blue Butterfly


Adonis Blue Butterfly adalah salah satu dari banyak jenis kupu - kupu yang hidup di padang rumput kapur di Inggris. Mereka memiliki sayap berwarna biru cerah. Sedangkan sebagian besar kupu kupu betina berwarna coklat gelap. Ciri khas kupu kupu ini memiliki garis - garis tipis dan gelap yang melapisi ujung sayap mereka bersama dengan tepi putih. Lebar sayap Adonis Blue sekitar 1,5 inci atau 38 mm.

2  American Snout Butterfly


Kupu kupu ini adalah spesis kupu - kupu yang memiliki palpus labial yang panjang. Mulut yang bersisik seperti kumis di kedua sisi belalai yang terlihat seperti moncong panjang. Kupu – kupu ini memiliki lebar sayap 1 3/8 - 2 inci sekitar 3,5 - 5 cm.

3 Blue Morpho Butterfly


Kupu-kupu Blue Morpho adalah spesies kupu - kupu neotropis yang memiliki sayap biru berwarna – warni. Kupu kupu betina tidak berwarna cemerlang seperti kupu kupu jantan dan memiliki tepi coklat dengan bintik-bintik putih di sekitar area biru berwarna-warni. Bagian bawah terlihat ketika kupu-kupu sedang beristirahat berwarna coklat dengan titik mata berwarna perunggu.

4 Chestnut Tiger Butterfly


Kupu kupu ini adalah kupu - kupu biasa yang hidup di India, Kashmir, Tibet, Pakistan, Korea, Cina, Jepang, Taiwan, dan wilayah Himalaya. Spesis ini memiliki sayap besar dan memanjang dengan garis - garis hitam dan warna putih kotor atau biru muda dengan tanda cahaya di dekat ujungnya. Ukuran sayap kupu kupu ini dapat mencapai 1,7 hingga 2,6 inci sekitar 43 hingga 66 mm.

5 Criton Birdwing Butterfly


Kupu kupu ini adalah spesies kupu - kupu yang hidup di Indonesia timur, terutama pulau-pulau seperti Halmahera, Morotai, Obi, dan Ternate. Kupu - kupu jenis ini memiliki warna yang khas dengan sayap hitam dan tanda kuning di belakangnya. Criton Birdwing Butterfly adalah kupu - kupu besar dengan lebar sayap yang dapat mencapai 14,5 hingga 15 cm. Nyaris tidak ada perbedaan visual antara kupu kupu jantan dan Betina. Spesis ini adalah spesies endemik Indonesia yang dilindungi.

6 Dead Leaves Butterfly


Kupu - kupu ini dapat ditemukan di sekitar hutan Asia Selatan, Madagaskar, dan India. Jenis kupu - kupu daun mati adalah kupu kupu yang bisa menyamar dengan sayapnya yang berbentuk seperti daun mati. Anda juga sulit melihat atau membedakan mereka di hutan karena mereka benar-benar menyatu dengan lingkungan disekitarnya.

7 Duke of Burgundy  Butterfly


Kupu kupu ini adalah spesies kupu-kupu kecil yang hidup di padang rumput di Inggris selatan tengah. Ukuran sayapnya berkisar 1,14 dan 1,25 inci sekitar 29 dan 32 mm. Jenis kupu kupu ini adalah spesies yang terancam punah karena deforestasi dan polusi.

8 Edith’s Checkerspot Butterfly


Kupu kupu jenis ini adalah spesies yang hidup di Amerika Utara. Sayap mereka mempunyai pola berwarna oranye, putih, dan merah yang rumit.

9 Geranium Bronze Butterfly


Geranium Bronze Butterfly adalah jenis kupu - kupu asli Afrika Selatan. Mereka memiliki sayap berwarna perunggu atau coklat dengan lapisan putih sederhana di atasnya. Bagian bawah sayapnya memiliki bentuk pola yang lebih rumit dengan garis putih dan gelap seperti jaring. Ukuran rentang sayapnya  antara 0,7 hingga 0,9 inci sekitar 18 hingga 23 mm.

10 Giant Owl Butterfly


Jenis kupu - kupu ini memiliki pola unik yang menyerupai mata burung hantu di sayapnya. Kupu – kupu Burung hantu Raksasa dapat ditemukan di bawah pohon. Karena pola yang unik ini, spesis cantik ini diberi nama The Giant Owl Butterfly.

11 Glasswing Butterfly


Kupu kupu ini dapat ditemukan di Amerika Tengah dan Meksiko. Kupu kupu jenis ini mungkin dianggap spesis yang paling favorit. Kupu - kupu Glasswing memiliki sayap jernih yang luar biasa seperti gelas.

12 Julia butterfly


Kupu kupu Julia adalah jenis kupu - kupu tropis yang berwarna kuning oranye dengan sayap depan yang panjang. Lebarnya sekitar 3-4 inci. Julia betina berwarna oranye yang lebih gelap dan memiliki lebih banyak tanda - tanda gelap. Kupu kupu Julia ditemukan dari Amerika Selatan dan Tengah ke Amerika Serikat bagian selatan. Kupu kupu Julia termasuk dalam jenis Heliconians, kupu-kupu tropis yang memiliki kepala besar dan memiliki rasa dan bau yang tidak enak.

13 Karner Blue Butterfly


Kupu kupu ini adalah kupu - kupu biru kecil yang memiliki lebar sayap sekitar 2,5 cm. Untuk sisi atas sayap kupu kupu jantan berwarna perak ke biru tua dengan margin putih dan hitam. Sisi atas sayap kupu kupu betina berwarna abu - abu coklat sampai biru dengan beberapa pita oranye sabit di sepanjang bagian bawah sayap belakang meraka dan berwarna margin putih dan hitam. Bagian bawah sayap kedua jenis kelamin berwarna keabu - abuan dengan bulan sabit oranye dan beberapa bintik logam di sepanjang bagian bawah kedua sayap belakang.

14 Map Butterfly


Kupu - kupu Peta adalah spesies yang hidup di Eropa timur dan tengah. Mereka umumnya hidup di Jerman, Finlandia, dan Estonia. Kupu - kupu ini memiliki bentuk warna unik yang tergantung pada kapan mereka muncul dari kepompong. Musim panas cenderung memiliki sayap oranye dengan pola hitam yang menjadi lebih kecil ketika mencapai tepi. Disaat musim panas mereka memiliki sayap gelap dengan bintik-bintik putih. Kupu-kupu ini memilih jelatang sebagai sarang.

15 Milbert’s tortoiseshell Butterfly


Kupu kupu ini adalah kupu - kupu kecil dengan sayap depan kuadrat - off. Lebar sayap adalah 1,6 - 2,5 inci sekitar 4,2 - 6,3 cm. Meraka tinggal di Amerika Utara dari Alaska selatan ke Meksiko. Kupu kupu jenis ini memakan jelatang, getah dan buah busuk.

16 Monarch Butterfly


Kupu kupu ini adalah kupu - kupu beracun yang umumnya ditemukan di seluruh dunia. Jenis kupu kupu ini memiliki lebar sayap 3 3/8 - 4 7/8 inci atau sekitar 8,6 - 12,4 cm.

17 Montezuma’s Cattleheart Butterfly


Jenis kupu kupu ini adalah spesies asli dari benua Amerika, terutama di bagian yang lebih hangat. Kupu kupu ini hidup di hutan kering di Meksiko dan Kosta Rika. Mereka tumbuh subur di daerah yang tingginya sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Kupu - kupu ini memiliki sayap berwarna hitam dengan bintik - bintik oranye atau merah seperti sabit di belakangnya. Kupu kupu ini kadang terlihat di California dan Texas.

18 Peacock Butterfly


Kupu - kupu merak adalah kupu - kupu dari bagian beriklim Eropa termasuk Inggris dan Asia. Kupu – kupu jenis ini mengeluarkan suara mendesis saat melihat burung. Suara mendesis itu berasal dari sayapnya yang digosokkan. Sayapnya berwarna kecoklatan ungu dengan titik pandang cerah. Sayapnya juga sedikit mirip wajah burung hantu. Bagian bawah sayapnya berbintik coklat keabu - abuan.

19 Queen Alexandra Birdwing Butterfly


Jenis kupu - kupu ini dapat ditemukan di bagian utara Papua Nugini. Queen Alexandra Birdwing Butterfly juga dianggap sebagai kupu - kupu terbesar di dunia dengan lebar sayapnya yang sekitar 30 cm.

20 Summer Azure Butterfly


Kupu kupu ini dapat ditemukan di sabana dan lingkungan yang luas. Warna sayap jenis kupu - kupu ini berwarna biru dan hanya dapat ditemukan di bagian timur Amerika Utara.

21 Southern Dogface Butterfly


Jenis kupu kupu yang satu ini adalah kupu kupu berwarna kuning. Sayapnya yang sebagian besar berwarna kuning, ada lingkaran hitam kecil di tengah sayap depan dan pinggiran sayapnya berwarna hitam. Kupu kupu jantan memiliki warna lebih cerah daripada kupu kupu betina. Lebar sayap mereka sekitar 2 58 - 2 1/2 inci atau sekitar 58-65 cm. Ulat atau tubuhnya berwarna hijau dengan garis - garis hitam dan kuning. Jenis kupu kupu ini hidup di hutan terbuka di bagian selatan Amerika Serikat.

22 Small Blue Butterfly


Kupu kupu Small Blue yang maksudnya adalah tidak benar - benar berwarna biru, meskipun namanya Small Blue Butterfly. Mungkin hanya untuk nama saja. Kupu kupu Jantan atau betina biasanya memiliki sayap berwarna coklat tua atau keabu-abuan dengan bintik-bintik kecil berwarna biru. Ukuran sayapnya hanya berukuran 0,79 hingga 1,18 inci atau sekitar 20 mm hingga 30 mm. Kupu - kupu ini lebih suka hinggap atau bertengger di bilah rumput, terutama di padang rumput kapur hangat di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Kupu - kupu biru kecil tidak terancam punah. Tetapi karena jumlah dan habitat yang menurun, mereka sekarang menjadi prioritas dalam program konservasi.

23 Tiger Swallowtail Butterfly


Kupu - kupu yang menakjubkan berikutnya adalah kupu - kupu Swallowtail Tiger. Kupu kupu jenis ini tinggal di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Kupu kupu ini dikenali dari warna sayap mereka yang menyerupai kulit harimau.

24 The Mourning Cloak Butterfly


Kupu kupu Jubah berkabung juga dikenal sebagai keindahan “Camberwell” adalah seekor kupu kupu dengan garis - garis pengingat yang tidak biasa. Sayapnya yang berwarna merah marun memiliki tepi pucat, berbintik-bintik dan berwarna margin dalam gelap dengan bintik-bintik biru. Ulat atau tubuhnya berwarna hitam dengan bintik-bintik putih dan memiliki bercak merah marun di bagian belakang. Kupu – kupu  ini memakan daun poplar, elm, salix, dan betula.

25 The Red Admiral Butterfly


Kupu kupu Laksamana Merah atau istilahnya The Red Admiral Butterfly adalah kupu kupu migrasi yang umumnya ditemukan di daerah yang beriklim sedang di Asia, Eropa dan Amerika Utara.

26 The Zebra Swallowtail Butterfly


Zebra Swallowtail Butterfly adalah kupu kupu dengan ciri khas hitam dan putih serta memiliki ekor yang memanjang di belakangnya. Tubuhnya berwarna kuning hijau dengan garis - garis hitam dan kuning. Kupu kupu ini memiliki lebar sayap sekitar 2-2,75 inci atau sekitar 5-7 cm. Zebra Swallowtail hidup selama sekitar 6 bulan. Kupu kupu jenis ini bisa ditemukan di bagian timur Amerika Utara dari Kanada ke Florida, Amerika Serikat.

27 Trans Andean Cattleheart Butterfly


Kupu kupu jenis ini adalah spesies asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Kupu kupu ini tinggal di daerah hangat di wilayah Andes, seperti dataran rendah dan hutan di Peru. Kupu kupu ini juga ditemukan di Kosta Rika dan Meksiko. Lebar sayap mereka sekitar 3,9 inci atau sekitar 10 cm. Warna kupu kupu berwarna hitam.  Sayap mereka memanjang dengan tanda putih di bagian depan dan merah di bagian belakang.

28 Ulysses Butterfly


Kupu kupu ini merupakan kupu kupu yang menakjubkan. Karena memiliki banyak nama panggilan dimulai dengan nama swallowtail Blue Mountain, Blue Emperor dan the Mountain Blue butterfly. Kupu kupu Ulysses dapat dikenali dari sayapnya yang berwarna biru.

29 Viceroy Butterfly


Kupu kupu ini berasal dari Amerika Utara. Sayapnya yang muda berwarna hitam dan oranye. Kupu kupu Viceroy aktif hanya pada siang hari sampai sore hari.

30 88 Butterfly


Spesies ini adalah kupu kupu paling unik di antara kupu kupu sebelumnya. Karena, mereka memiliki bentuk sayap yang unik seperti nomor angka 88 di sayap mereka. Kupu kupu 88 hanya dapat ditemukan di daerah Pantanal Brazil.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Kucing Dengan Tepat 

Itulah jenis kupu kupu di dunia ini yang dapat Anda pelajari. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Baiklah itu saja sekian dan terimakasih.