March 28, 2019

Contoh MC Pengajian Dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW
Contoh MC Pengajian Dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW

MC atau pembawa acara adalah orang yang membuka suatu jalannya acara atau kegiatan untuk membacakan susunan acara atau kegiatan agar berjalan dengan lancar. MC atau pembawa acara juga sebagai wakil dari tuan rumah atau wakil dari panitia yang menyelenggarakan suatu kegiatan.

Ada beberapa contoh MC seperti MC perpisahan, MC pernikahan dan MC pengajian. Tetapi pada artikel kali ini kita membahas tentang MC pengajian, yang dalam rangka memperingkati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Seorang MC biasanya mengawali acara dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan ayat ayat suci al-Qur’an, sambutan sambutan, inti acara dan penutup.

Untuk anda yang mencari bahan atau referensi untuk menjadi  MC atau pembawa acara pengajian, Silahkan saja simak contoh mc pengajian dibawah ini.

Baca Juga : Contoh MC Pernikahan Walimatul 'Ursy 


Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah,nahmatuhu wa nasta’iinuhu,wa tastagfiruhu, wa na’udzu billaahi min syuruuri annfusina wa min sayyiaati ‘amaalina, man yahdihillahu falaa mudzhillalahu wa man yudzhlil falaa hadiya lah, Asyhaduallaailaaha illallah, wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh, ammaa ba’d.

Hadrotal kuroma' wal fudhola', para alim ulama, wabil khusus pengasuh pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar, KH. …. alladzi samikna wa atokna, KH. …. yang berkenan hadir pada kesempatan sore hari ini, dan segenap dewan pengasuh pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar.

Yang kami hormati, segenap dewan asatidz, pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar dan segenap pengurus yang berkenan hadir pada kesempatan sore hari ini. Dan yang kami hormati, segenap tokoh masyarakat, takmir masjid, yang berkenan hadir pada kesempatan sore hari ini.

Dan tidak lupa pula, kepada segenap pemerintah desa, baik sipil maupun militer, wabil khusus Bapak Kepala Desa …. yang berkenan hadir pada kesempatan sore hari ini.

Tidak lupa pula, para alumni pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar dan juga para asatidz yang juga hadir pada kesempatan sore hari ini. Tidak lupa pula para tamu undangan, hadirin hadirot, para santri santriwan yang berbahagia.

Tiada kata yang patut kita ungkapkan pada sore hari ini, selain puja dan puji syukur kehadirot Allah SWT, karena berkat limpahan taufiq beserta hidayah-NYA, sehingga kita bisa berkumpul bertatap muka ditempat yang insya Allah penuh dengan mubarokah ini, dalam rangka memperingkati hari besar kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang diselenggarakan oleh ikatan santri daerah Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar.

Kedua kalinya sholatan watasliman, semoga tetap senantiasa tertumpah ruahkan kepada baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, karena berkat beliaulah, kita bisa menuju pada curah kejadian menuju kehidupan yang hakiki, dengan terwujudnya islamwal iman. Hadirin hadirot yang berbahagia, langsung saja kami bacakan susunan acara pengajian pada sore hari ini.
  1. Acara yang pertama Pembukaan,
  2. Pembacaan ayat ayat suci Al-Qur’an menempati acara yang kedua,
  3. Acara yang ketiga sambutan oleh Kepala Desa ….
  4. Disusul dengan acara yang keempat yakni acara inti dan sebagai paripurna acara pada sore hari ini, akan ditutup dengan doa.
  5. Penutup

Pembukaan

Namun sebelum acara demi acara kita buka bersama, alangkah baiknya kita ber iftitah bil qiroatil fatihah, dengan harapan semoga dan semoga acara pada kesempatan sore hari ini, bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarokati ummul qur’an,al-fatihah…

Pembacaan ayat ayat suci Al-Qur’an

Terimakasih kami sampaikan. Hadirin yang berbahagia. Marilah kita ikuti bersama lantunan ayat ayat suci al-Qur’an yang pada hari ini, akan dibacakan oleh Ananda …… kepadanya disilahkan.

Kepada Ananda .... kami ucapkan terimakasih, yang telah melantunkan ayat suci Al Qur'an. Semoga dengan lantunan ayat al-Qur’an tersebut, kita mendapatkan pahala serta menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Aminn allahumma amiin.

Sambutan – sambutan

Memasuki acara yang ketiga yaitu sambutan oleh Kepala Desa …. Bapak … yang kami hormati Bapak …. Kepadanya kami persilahkan.

Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Kepala Desa … Bapak … yang telah berkenan hadir untuk memberikan sambutan pada acara pada sore hari ini.

Inti acara dan Doa

Memasuki acara selanjutnya yaitu inti acara pada sore hari ini yaitu tausiyah dan ceramah serta akan ditutup dengan doa, yang akan disampaikan oleh Bapak KH. …. Kepada beliau kami persilahkan.

Terimakasih kepada Bapak KH. …. Yang telah menyampaikan isi tausiyah dan ceramahnya, dalam rangka memperingkati hari besar kelahiran Nabi Muhammad SAW pada sore hari ini. Semoga dengan isi tausiyah dan ceramah beliau, menambah ilmu kita tentang meneladani akhlak rosul, serta menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW serta menambah keimanan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Penutup

Alhamdulillah hirobbil ‘alamin, usai sudah acara demi acara ini, dalam rangka memperingkati hari besar kelahiran Nabi Muhammad SAW. Apabila kami sebagai pembawa acara ada salah tutur kata atau kekurangan yang ada pada kegiatan pada sore hari ini, kami sebagai wakil tuan rumah mohon maaf dengan sebesar besarnya. Dan usai sudah tugas kami sebagai pembawa acara pengajian pada sore hari ini. Akhir kata. Wabillahi Taufik Walhidayah.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.