March 26, 2019

Contoh Naskah MC Acara Pernikahan Walimatul 'Ursy
Contoh Naskah MC Acara Pernikahan Walimatul 'Ursy

MC atau Master of Ceremonies adalah seorang pemandu jalannya suatu acara atau sebagai pembawa suatu acara atau event. Dan MC ini adalah sebagai perwakilan dari tuan rumah. MC bertugas untuk menyambut tamu undangan agar acara berjalan dengan lancar, dari awal acara hingga akhir acara.

Ada beberapa contoh MC atau pembawa acara salah satunya adalah MC Pernikahan (Walimatul ‘Ursy). Dibawah ini adalah contoh MC pernikahan yang dapat kami bagikan untuk anda yang mencari naskah mc pernikahan untuk bahan belajar menjadi MC atau sebagai bahan referensi lainnya.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bapak ibu sekalian yang dirahmati Allah. Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pada hari ini, minggu 24 Maret 2019. Kita diberi nikmat sehat jasmani serta nikmat rohani untuk dapat mengikuti acara akad nikah antara Ananda ... dan ... .

Sholawat serta salam tidak lupa kita junjungkan dan curahkan kepada junjungan nabi kita, nabi besar Muhammad SAW, yang kita nanti – nantikan syafaatnya di yaumil akhir.

Bapak ibu sekalian dan keluarga yang berbahagia, pada hari ini agenda telah kami rangkai pada susunan acara pernikahan yang akan kita ikuti:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  3. Prosesi Akad Nikah
  4. Prosesi Mempelai Wanita Menuju Tempat Akad
  5. Prosesi Sungkeman
  6. Nasihat Pernikahan dan Doa
  7. Penutup

Pembukaan

pixabay.com

Bapak Ibu sekalian yang kami muliakan dan keluarga yang berbahagia. Sebelum kita memasuki acara yang sungguh mulia pada siang hari ini, marilah kita membuka acara pada siang hari ini dengan mengucapkan bacaan basmalah, Bismillahirrohmaanirrohim….

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

pixabay.com

Memasuki acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al Qur’an yang akan dibacakan oleh Saudara ... kepada Saudara ... kami persilahkan.
Itulah bacaan ayat suci Al Qur’an yang telah disampaikan oleh Saudara ... . Semoga dengan lantunan ayat ayat suci Al Qur’an tersebut, menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Prosesi Akad

youtube.com

Keluarga besar Bapak ... dan Ibu ... , mengantarkan putra tercinta Ananda ... untuk mempersunting putri tercinta dari Bapak ... dan Ibu ... .

(Setelah Prosesi Akad)

Kepada kedua mempelai yang berbahagia, alhamdulillahirobbil’aalamiin. Ananda ... dan ... telah resmi menjadi pasangan suami istri.

Tentunya doa dan restu pasti akan kita panjatkan untuk keduannya. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah serta keluarga yang barokah. Dan insyaAllah nantinya akan dikaruniai putra dan putri sholih dan sholihah. Amiin…

Prosesi Mempelai Wanita Menuju Tempat Akad

Baiklah. Sesaat lagi kita akan menunggu kehadiran sang calon pengantin wanita untuk itu kami persilahkan ... untuk dapat menuju ke tempat akad nikah.

Pernikahan membuka tabir rahasia. Suami yang menikahi kamu tidak semulia Nabi Muhammad SAW, tidak setaqwa  Nabi Ibrahim, tidak setabah Nabi Ayub, tidak segagah Nabi Musa, apalagi setampan Nabi Yusuf. Justru suamimu adalah lelaki akhir zaman yang punya cita – cita membangun keturunan yang sholih.

Pernikahan mengajarkan kita kewajiban bersama. Suami menjadi pelindung, kamu penghuninya. Suami nahkoda kapal, kamu penumpangnya. Suami menjadi raja, kamu menikmati anggur singgahsananya. Ketika suami menjadi bisa, kamu penawar obatnya. Pernikahan mengajarkan kita perlunya iman dan taqwa, untuk belajar meniti sabar dan ridho Allah SWT.

Kamu akan tersentak dari apa. Kamu bukanlah khodijah yang begitu sempurna dalam menjaga. Bukanlah Hajar yang begitu setia dalam sengsara, justru kamu wanita akhir zaman yang berusaha menjadi sholihah.

Prosesi Sungkeman

youtube.com

Baiklah, kepada Bapak dan Ibu sekalian yang kami muliakan dan keluarga yang berbahagia. Kita memasuki prosesi selanjutnya yaitu kita akan memasuki prosesi sungkeman. Silahkan kepada kedua mempelai untuk bersimpuh kepada ibunda tercinta.

“Ibu, kini kami bersimpuh dipangkuanmu, sebagai bakti atas segala pengorbanan, terima kasih telah merawat kami hingga hari ini. Mohon maaf jika kami selalu merepotkanmu hingga hari ini. Kini kita harus menapaki hidup baru, menjalani sunah rosul yang mulia.

Kini kami menjadi istri. Kini kami telah menjadi suami. Doakan kami untuk dapat memecahkan seluruh masalah yang ada nantinya. Doakan kami menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah serta keluarga yang barokah.” (Peluk cium untuk ibunda tercinta). “Terimakasih, terimakasih ibu.”

Selanjutnya kami persilahkan keduannya, berpindah mohon doa dan restu pada ayahanda tercinta.

“Ayah… terimakasih telah menafkahi kami dengan nafkah yang halalan Thoyyiban. Terimakasih telah menjadi ayah terbaik untuk kami. Terimakasih telah memberikan pendidikan yang terbaik untuk kami. Kini kami harus merepotkanmu sekali lagi. Doakan kami menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohkan serta barokah. Doakan kami memiliki putra dan putri sholih dan sholihah nantinya.”
Peluk cium untuk ayahanda tercinta. Dan kini silahkan berpindah kepada ibu mertua tercinta.

“Ibu…. Ini adalah persimpuhan kami yang pertama dipangkuanmu. Setelah kami sah menjadi putra dan putrimu, jangan bedakan kami dengan putra dan putrimu yang lain. Ingatkan kami jika kami salah. Dukung kami jika kami benar. Doakan kami menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah, serta menjadi keluarga yang barokah."

Silahkan berpindah pada ayah mertua tercinta.

“Ayah… ini adalah persimpuhan kami yang pertama dipangkuanmu. Terimakasih telah mengizinkan kami untuk menikah dihari ini. Terimakasih telah memberikan kami restu kepada kami. Doakan kami menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah dan keluarga yang barokah."

Nasihat Pernikahan dan Doa

daaruttauhiid.org

Dan sesaat lagi kita akan mendengarkan nasihat pernikahan dan doa yang pada siang hari ini akan disampaikan, yang kami hormati ....... , kepada beliau kami persilahkan.

Penutup

Baik. Bapak dan Ibu sekalian yang mulia dan keluarga yang berbahagia. Usai sudah keseluruhan acara akad nikah pada hari ini. Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak dan Ibu serta keluarga besar dari kedua mempelai yang berbahagia.

Segenap doa dan restu kita panjatkan untuk kedua mempelai. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah dan keluarga barokah. Dan insyaAllah nantinya dikaruniai putra dan putri yang sholih dan sholihah. Amiin…

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh