March 2, 2019

Kelapa Hijau Wulung dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Kelapa Hijau Wulung dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kelapa hijau wulung memiliki ukuran lebih kecil dari kelapa hijau lainnya. Kelapa hijau wulung atau degan wulung tumbuh sangat banyak jika berbuah dan dipanen ketika masih muda dalam kondisi yang belum terlalu matang.

Daging tebal dan berserat di bagian dalam kelapa muda wulung berwarna merah muda di mana biasanya kelapa hijau lainnya sabut atau seratnya berwarna cokelat atau putih. Saat kelapa ini matang warnanya akan memudar. Air kelapa wulung ini sedikit manis dan memiliki rasa pahit karena kandungan tanninnya yang tinggi.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Merah Bagi Tubuh Anda


Sejarah tentang kelapa hijau wulung

Kelapa wulung berasal dari pulau Jawa. Sebuah pulau di Indonesia dibagian selatan Malaysia yang berbatasan dengan Samudra Hindia di sebelah barat. Kelapa wulung biasanya dapat dijumpai di sekitar pasar Bogor dan Yogyakarta, dimana harganya dua kali lipat dari harga kelapa hijau biasa.

Kelapa berserat merah muda kemungkinan besar juga dapat ditemukan di pasar lokal di Jawa tengah atau bisa ditemukan melalui penduduk lokal. Musim atau ketersediaan kelapa wulung adalah sepanjang tahun di pulau Jawa.


Fakta tentang kelapa hijau wulung

Kelapa hijau wulung atau degan wulung sangat terkenal di pulau Jawa. Jenis kelapa langka ini dijual pada waktu kelapa masih muda dan kulitnya masih berwarna hijau. Dalam bahasa latinnya kelapa ini diklasifikasikan sebagai Cocos Nucifera 'Rubescens'.

Kelapa wulung memiliki serat kulit merah muda yang khas di bawah kulitnya yang berwarna hijau. Sehingga kelapa ini mendapat julukan Kelapa Serat Merah dalam bahasa Indonesia. Bibit atau kelapa wulung ini dihargai dan dicari banyak orang karena banyak manfaatnya yang dijadikan sebagai obat alami atau obat alternatif.


Nilai gizi yang terkandung dalam kelapa hijau wulung

Air kelapa wulung adalah sumber elektrolit yang sangat baik untuk tubuh, nilai gizi yang terkandung dalam kelapa hijau wulung seperti kalium, kalsium, dan magnesium serta mineral seperti fosfor, besi dan seng.

Air kelapa ini kaya akan fitokimia seperti tanin dan flavonoid yang masing - masing memiliki manfaat sebagai anti bakteri dan antioksidan. Air kelapa serat merah mengandung tujuh asam amino esensial dan sejumlah kecil protein, folat, dan vitamin C, serta vitamin B kompleks.


Manfaat kelapa wulung untuk kesehatan

Dibawah adalah beberapa manfaat kelapa wulung untuk kesehatan, yaitu:
  1. Sebagai penawar racun
  2. Mengatasi sakit kepala
  3. Mengatur kadar gula darah
  4. Mengatasi diare atau sakit perut
  5. Menyeimbangkan pH
  6. Menurunkan Kolesterol
  7. Melancarkan pencernaan
  8. Sebagai deuterik (melancarkan urine)
  9. Menurunkan Kolesterol
  10. Dapat membantu menurunkan berat badan
  11. Mencegah atau mengurangi dehidrasi


Penyajian dan penyimpanannya

Kelapa wulung yang digunakan adalah airnya yang bermanfaat. Bagian atas kelapa dipotong dengan pisau atau parang tajam dan rongga bagian dalam ditusuk untuk membuka cairan air kelapa. Air kelapa diminum saat masih segar atau bisa disajikan dengan es batu.

Air kelapa hijau wulung dapat disimpan selama 48 jam di lemari es. Air kelapa muda dapat digunakan dalam resep es atau campuran jus. Kelapa wulung dapat disimpan hingga seminggu jika batangnya masih utuh dan buahnya tidak rusak.


Info etnis dan budaya tentang kelapa hijau wulung

Air kelapa muda wulung dibudidayakan oleh orang Jawa lokal karena kelapa hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tabib Jawa menggunakan air kelapa wulung ini sebagai penangkal racun, untuk mengobati gangguan sistem endokrin dan sebagai tonik kesehatan umum.

Selain itu, menurut cerita rakyat Indonesia atau masyarakat jawa, air kelapa wulung ini dapat menangkal sihir dan dapat mengusir energi negatif.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Teh Hijau Untuk Diet

Itulah mengenai kelapa hijau wulung beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Mudah – mudahan dalam artikel ini dapat membantu anda untuk mencari informasi mengenai kelapa hijau wulung tersebut.