March 22, 2019

Nasihat Pernikahan Untuk Membangun Keluarga Sakinah
Nasihat Pernikahan Untuk Membangun Keluarga Sakinah

Semua orang yang menikah itu pasti tujuannya ingin membangun keluarga yang aman, tentram dan bahagia. Atau istilah islamnya yaitu keluarga yang sakinah dan barokah. Tetapi kenyataannya banyak orang dalam rumah tangganya tidak bisa mewujudkan keluarga yang sakinah dan barokah.  Bahkan ada yang gagal dalam membangun rumah tangga sampai berujung perceraian.

Barokahnya rumah tangga itu bukan karena derajat pangkat yang tinggi, tidak harus karena kekayaan harta yang melimpah. Kenyataannya banyak orang yang pangkatnya tinggi hartanya melimpah akan tetapi dalam rumah tangganya tidak bahagia, contohnya seperti artis selebritis yang dalam rumah tangganya banyak yang bercerai.

Semua orang yang menikah pasti menginginkan keluarga yang barokah mulia di dunia dan di akhirat. Agar dapat mewujudkan keluarga sakinah dan barokah, maka simaklah nasihat pernikahan ini dengan memperbaiki niat menikah.

Baca Juga : Menjadi Istri Sholehah Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga


Niat menikah karena ibadah

Niat itu menentukan sah dan tidaknya amal, niat itu dapat menentukan nilai ibadah dihadapan Allah SWT. Jadi untuk orang yang ingin menikah niatlah karena ibadah jangan sampai niat karena yang lain, misalnya niat karena sekedar menuruti nafsu hanya ingin menuruti syahwat, berarti nikahnya hanya mendapatkan nafsunya saja. Janganlah niat menikah karena nafsu itu tidak dibenarkan dalam ajaran islam.

Niat menikah bukan karena fisik

Niat menikah karena rupa karena kecantikan atau ketampanan seseorang itu juga salah. Ketampanan atau kecantikan seseorang itu relatif. Cantik buat saya belum tentu cantik buat kalian. Cantik atau tampanya seseorang itu tidak bertahan lama mungkin hanya sekitar 10 tahun.

Apabila memang menikah tujuannya karena kecantikan atau ketampanan seseorang, jika sudah tua nanti pasti hilang cantik atau tampannya bisa hilang rasa senangnya bisa berantakan rumah tangganya. Intinya adalah mensyukuri nikmat yang sudah diberikan kepada kita.

Niat menikah bukan karena dia kaya

Kalau niat menikah karena harta kekayaan seseorang itu sangatlah salah besar. karena kaya miskin itu hanya titipan Allah SWT. Jika menikah karena harta kekayaan sesorang apabila suatu ketika mengalami kesulitan dalam kehidupanya maka akan berubah rumah tangganya menjadi kacau.

Karena masalah rejeki itu sudah diatur. Semua makhluk yang ada dibumi rejekinya sudah diatur. Yang penting niatnya benar karena ibadah karena allah ta’ala. Karena allah akan mencukupi anugerah-Nya.

Niat menikah karena rasa kasih sayang

Rumah tangga bisa kokoh dan kuat itu didasari oleh cinta dan kasih sayang yang ikhlas. Rumah tangga yang baik adalah saling mengerti dan saling menyadari karena tidak ada orang yang sempurna, sebaik-baiknya orang pasti ada kekurangannya, diperlukan suasana saling pengertian dan saling menghargai pada kehidupan rumah tangga. Bersikaplah baik kepada pasangan. Ciptakan suasana yang kondusif.

Walaupun yang menentukan arah rumah tangga adalah kalian berdua jangan sampai meninggalkan musyawarah. Minta pertimbangan kepada orang tua, mertua dan guru. Setiap ada masalah apapun yang sekirannya sulit untuk mencari jalan keluarnya, maka mintalah pertimbangan kepada mereka jangan sampai meninggalkan musyawarah.

Berdoa agar menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah dan barokah

Karena hidupnya rumah tangga itu ada dimusyawarah. Apabila tidak ada musyawarah maka rumah tangganya akan mati. Dan yang terakhir adalah doa. Berdoalah yang baik - baik agar dalam kehidupan rumah tangga diberikan keluarga yang sakinah dan barokah.

Baca Juga : Kisah Wanita Sholehah Teladan di Zaman Rosulullah

Demikian nasihat pernikahan dalam islam agar memantabkan niat jangan sampai salah karena menikah adalah ibadah maka niatlah menikah karena Allah. Dan semoga dalam pernikahan kedua pasangan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah dan barokah.