April 3, 2019

Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar
Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Sebagian besar siswa yang baik tidak langsung terlahir sebagai pelajar yang baik. Kepribadian individu mereka memainkan peran besar dalam kemauan anak untuk belajar. Secara keseluruhan ketika mereka datang ke sekolah dan belajar, sebagian besar dari mereka harus menjadi pelajar yang baik. Setiap siswa atau anak yang memiliki bakat dasar dan menerima motivasi dengan benar, maka akan menjadi pelajar yang baik.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh guru dan orang tua, ketika harus mengembangkan siswa dan anak-anak supaya menjadi pelajar yang baik dan rajin adalah membatasi pembelajaran mereka di kelas. Jika anda ingin benar-benar meningkatkan keinginan dan kemampuan anak agar mau belajar, maka simaklah cara memotivasi anak agar rajin belajar pada artikel kali ini.

Berikut adalah kiat dan strategi yang akan memotivasi anak anda agar rajin belajar. Terapkan dan temukan kegembiraan belajar pada anak anda.


Kembangkan Suasana Membaca Yang Menyenangkan

Sebagian orang berpendapat bahwa membaca adalah kunci sukses dalam hidup. Membaca tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan kosakata yang jauh lebih kaya, membaca juga membantu otak mereka untuk belajar bagaimana mengolah konsep dan komunikasi yang formal. Bantu anak anda untuk mengembangkan keterampilan dan kecintaannya untuk membaca. Contoh seperti bacaan komik, novel, poster, majalah,  koran, dll.

Jika seorang anak memutuskan bahwa membaca itu membosankan atau membuat mereka frustrasi, mereka tidak akan mau membaca dan kemampuan mereka untuk belajar akan berkurang. Biarkan anak-anak memilih buku mereka sendiri yang disukai untuk dibaca. Agar tercipta suasana membaca yang menyenangkan.

Ciptakan Komunikasi Yang Terbuka dan Tulus

Dorong anak anda untuk mengungkapkan pendapatnya tentang apa yang terjadi dengan belajarnya atau pada saat dia belajar disekolahan. Ciptakan suasana terbuka di mana mereka merasa nyaman mengekspresikan suka, tidak suka atau kekhawatirannya terhadap pelajaran yang dia pelajari.

Ketika mereka membagikan pendapatnya kepada anda, pastikan untuk memvalidasi atau mensuport perasaannya. Ketika anak-anak merasa ada masalah, atau mereka terjebak, mereka cenderung untuk melepaskan diri dari proses pembelajaran.

Pelajar yang baik adalah tahu tentang pendapat mereka. Penting dan merasa yakin bahwa mereka dapat terbuka tentang pengalaman pendidikan mereka tanpa berkecil hati atau diabaikan.

Fokus Pada Minat Anak Anda

Jika anda benar-benar ingin membantu anak anda untuk menjadi pelajar yang baik dan rajin, dorong dia untuk menjelajahi topik dan subjek yang mempesona dari dirinya. Jika dia suka dinosaurus, bantu dia menemukan buku-buku dan cerita menarik tentang dinosaurus. Kemudian tantang dia untuk mengidentifikasi lima dinosaurus favoritnya dan jelaskan mengapa dia memilih masing-masing dari kesukaannya.

Jadikan Belajar Menyenangkan Melalui Pembelajaran Berbasis Permainan

Pembelajaran berbasis permainan bukanlah konsep baru. Sudah ada sejak dulu. Pembelajaran berbasis permainan bisa sangat menguntungkan karena berbagai alasan. Menggunakan permainan sebagai alat pembelajaran tidak hanya memberikan kesempatan untuk pembelajaran yang lebih dalam dan pengembangan keterampilan non-kognitif, itu membantu memotivasi anak-anak untuk ingin belajar.

Ketika seorang anak secara aktif terlibat dengan permainan, pikiran mereka mengalami kesenangan belajar dalam hal-hal baru. Permainan yang menghibur memberikan manfaat tambahan memotivasi anak-anak untuk ingin terlibat dalam proses pembelajaran dan ingin belajar lebih banyak.

Pembelajaran berbasis permainan juga merupakan motivasi yang efektif untuk pembelajaran berbasis tim yang sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam mengatur ruang kelas. Siswa biasanya berusaha lebih keras di permainan daripada terlalu fokus belajar, karena menurut mereka permainan lebih menarik.

Pembelajaran berbasis permainan adalah cara yang bagus bagi orang tua dan guru untuk memperkenalkan ide-ide baru, tata bahasa, konsep, dan pengetahuan dengan cara yang memotivasi anak-anak untuk belajar.

Fokus Pada Apa Yang Dia Pelajari, Bukan Apa Yang Dia Tampilkan

Alih-alih bertanya kepada anak anda bagaimana ia melakukan tes matematika, begitu dia pulang dari sekolah. Minta pendapat dari dia apa yang ia pelajari dalam matematika hari ini. Berfokuslah pada apa yang dipelajari anak anda, bukan bagaimana kinerjanya. Meskipun kinerja penting, fokus pada pengalaman belajarnya.
  • Berkomunikasi dengan anak bahwa, pembelajaran yang sebenarnya lebih penting daripada nilai ujian.
  • Anda lebih mempedulikan tentang dia daripada kinerjanya
  • Dengan berfokus pada pengalaman belajarnya hari itu. Berilah semangat dan dorongan agar anak anda lebih semangat dengan apa yang ia pelajari.

Bantu Anak Anda Untuk Disiplin dan Teratur

Membantu anak mengatur kertas, buku, dan tugasnya akan membantu dia dan merasa termotivasi untuk belajar. Bersabarlah, tetap konsisten dalam membantu anak untuk mengatur persediaan dan tugas sekolahnya. Ini akan membantunya merasa terkendali dan lebih termotivasi untuk belajar.

Rayakan Setiap Pencapaian Atau Prestasinya

Sekecil apa pun usaha mereka, penting untuk mengenali dan merayakan pencapaian anak anda. Ini sangat penting bagi anak-anak usia sekolah dasar yang membutuhkan kekuatan yang positif . Agar mereka tetap termotivasi untuk belajar dan menantang diri mereka untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.

Menyelesaikan tugas yang sulit layak mendapat perlakuan khusus, berilah dia sesuatu sebagai upah karena sudah bekerja keras. Selalu gunakan penguatan positif sebagai alat anda untuk memotivasi pembelajaran dengan anak anda.

Fokus Pada Kekuatan Anak Anda

Berfokus pada kekuatan anak, bisa menjadi hal yang  sulit. Namun, berfokus pada kekuatan anak sangat penting untuk perkembangan dan kemampuan emosional serta akademis mereka. Berfokus pada kekuatan anak adalah bentuk lain dari penguatan positif yang akan memotivasi dia untuk terus belajar. Sebaliknya, memusatkan perhatian pada kelemahan anak anda tidak menyebabkan apa pun, kecuali menyebabkan keputusasaan, kesusahan, dan kurangnya keinginan untuk belajar.

Jadikan Setiap Hari Sebagai Hari Untuk Belajar

Mengubah setiap hari menjadi hari belajar mungkin terdengar agak berlebihan, tetapi sebenarnya tidak, jika anda melakukannya dengan benar. Kapan pun memungkinkan, dorong anak anda untuk menjelajahi dunia di sekitarnya, ajukan pertanyaan dan buat koneksi.

Bantu dia mengkategorikan, mengklasifikasikan dan berpikir kritis tentang apa yang dia lihat dan alami. Mengubah setiap hari menjadi hari belajar akan membantu anak anda mengembangkan motivasi internal untuk belajar di kelas, di rumah, atau di mana pun dia berada.

Demikian cara memotivasi anak agar rajin belajar yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Salam.