April 16, 2019

Doa Pembuka Acara Bahasa Arab Mudah dihafal dan Singkat
Doa Pembuka Acara Bahasa Arab Mudah dihafal dan Singkat

Dalam kehidupan sehari - hari, kita terkadang mengikuti sebuah acara resmi, acara kemasyarakatan, keagamaan dan lain - lain. Baik acara pengajian, syukuran, selamatan, walimah, rapat - rapat dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa doa benar - benar menjadi jantung atau otaknya ibadah, sebagaimana disebutkan dalam hadist Nabi :

اَللدُّ عَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةُ 

Artinya :
"Doa itu adalah otaknya ibadah"

Sebagai rujukan, mereka yang memerlukan pedoman bacaan doa tersebut, sebagai persiapan jika sewaktu - waktu dibutuhkan masyarakat dalam acara kegiatan sebagai pembawa acara atau MC, maka dalam artikel kali ini kami bagikan contoh doa pembuka acara bahasa arab dan latin untuk dibaca dalam berbagai acara tersebut.


1. Doa Pembuka Acara 1


Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash sholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaai walmursaliin, wa’alaa aalihi washohbihii ajma’iin, ammaba’adu.

"Segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh Alam. Doa dan keselamatan tercurahkan kepada Nabi dan Rasul, keluarga dan sahabat-sahabatnya. Dan seterusnya."

2. Doa Pembuka Acara 2 


Nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Mayyahdihillahu falaa mudhillalahu, wamayyudhlillhu falaa haadiyalahu. Allohumma sholli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammad, wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina, amma ba’du.

"Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Wahai Allah, limpahkanlah shalawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya."

3. Doa Pembuka Acara 3 

Alhamdulillaahilladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushollii wanusallimu ‘alaa khoril anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihi washohbihii ajma’iina. 'amma ba'du.

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Shalawat dan keselamatan terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw beserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya."

4. Doa Pembuka Acara 4

Alhamdulillahi wassholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi, sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillaahi. amma ba’dahu.

"Segala puji bagi Allah, doa shalawat serta keselamatan tercurahkan kepada rasulullah,  Nabi Muhammad bin Abdillah."

Demikianlah doa pembuka acara bahasa arab yang mudah dihafal dan singkat yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu. Sekian dan terimakasih.