April 16, 2019

Pengertian Sekolah : Definisi, Karakteristik, Fungsi dan Peran Sekolah
Pengertian Sekolah : Definisi, Karakteristik, Fungsi dan Peran Sekolah

Sekolah adalah salah satu badan resmi di masyarakat yang memiliki fungsi membesarkan anak-anak dan bekerja untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka di berbagai bidang, bekerja bersama keluarga dalam sosialisasi individu dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan.


Definisi Sekolah

Ada banyak definisi yang menunjukkan sifat sekolah dan fungsi utamanya, yaitu:
  1. Sebuah institusi yang diciptakan oleh komunitas untuk mempersiapkan anggota generasi baru, dan untuk mengajari mereka berpartisipasi dalam aktivitas manusia yang berkembang biak dalam kehidupan komunitas, dan untuk mengintegrasikan generasi ini ke dalam masyarakat dan bekerja untuk mengadaptasinya dalam hal ide, filosofi, dan tujuan.
  2. Lembaga pendidikan sosial yang didirikan oleh pemerintah atau masyarakat untuk mengerjakan pendidikan dan persiapan individu dalam kerangka kerja spesifik program dan kurikulum tertentu.
  3. Bukan hanya seperti yang diketahui sebelumnya bahwa peran utamanya adalah untuk melestarikan warisan dan nilai-nilai komunitas budaya, untuk memindahkannya dari generasi ke generasi, dan untuk mengajar siswa membaca dan menulis dengan cara kuno seperti indoktrinasi.
  4. Sekolah adalah tempat pendidikan yang berkaitan dengan membesarkan anak yang sehat, fisik, mental, dan emosional, untuk menciptakan kepribadian yang seimbang.
  5. Ini adalah lembaga resmi yang dibuat untuk kebutuhan masyarakat dengan membentuk hubungan sosial di dalamnya untuk melaksanakan fungsi pendidikan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan siswa dari semua aspek yang diperlukan untuk melestarikan budaya masyarakat.

Sarjana pendidikan asing telah mengidentifikasi sekolah sebagai:

  1. Definisi Ferdinand Boisson, Sekolah adalah lembaga sosial penting yang terletak dalam menjaga proses komunikasi antara keluarga dan negara untuk mempersiapkan generasi baru untuk diintegrasikan ke dalam kehidupan sosial.
  2. Definisi Frederick Haston. Sekolah adalah Sistem kompleks berdasarkan perilaku terorganisir yang mencapai berbagai fungsi dan tugas dalam kerangka kerja tertentu dari sistem sosial.
  3. Definisi Raymond, Sekolah adalah Sistem sosial yang melakukan berbagai fungsi seperti fungsi integrasi dan fungsi mobilitas sosial dan sistem pendidikan ini mencakup sekelompok orang dengan pengetahuan, dan tujuan mereka untuk menghasilkan generasi baru dengan efisiensi tinggi dan bekerja untuk kelangsungan sistem ini.

Karakteristik Sekolah

Sekolah memiliki karakteristik tertentu sebagai lembaga sosial dan karakteristik, ini meliputi:
  1. Sekolah adalah lembaga sosial dan pendidikan yang berfungsi untuk mempersiapkan pelajar untuk menjadi orang yang positif di masyarakat.
  2. Sekolah terdiri dari sekelompok individu dalam dua kategori: guru dan siswa, di mana guru ditandai oleh tingkat budaya, ilmu pengetahuan dan komponen akademik yang merupakan proses pendidikan, kategori kedua adalah siswa yang menerima pendidikan.
  3. Pekerjaan sekolah melalui interaksi sosial, fokus pada proses pendidikan, dan kebutuhan untuk mewajibkan siswa untuk mematuhi kurikulum dalam penerapan serangkaian fakta dan keterampilan dan nilai-nilai moral.
  4. Sekolah adalah titik fokus dari banyak hubungan sosial yang saling berinteraksi, seperti siswa, guru, dan komunitas tempat mereka tinggal.
  5. Sekolah memiliki rasa bangga dan menjadi bagian dari institusi pendidikan ini, dan bahwa periode yang mereka habiskan di sekolah adalah periode paling penting dalam hidup mereka.
  6. Ada budaya tertentu di sekolah yang mewakili aspek fundamental dari moral dan perilaku siswa dan guru dan memiliki peran penting dalam memperkuat hubungan dan hubungan di antara mereka.

Fungsi Sekolah

Fungsi sekolah tidak hanya untuk mengajarkan siswa beberapa ilmu pengetahuan ilmiah, tetapi di luar fungsi lebih dari itu, seperti:
  1. Transfer budaya, di mana sekolah bekerja untuk mentransfer warisan budaya yang diwarisi kepada generasi baru dengan cara yang mudah dan mudah setelah revisi dan desinfeksi mitos yang terjebak dengannya.
  2. Integrasi sosial, karena komunitas mengandung banyak kelompok yang berbeda, peran sekolah, untuk menghilangkan kontradiksi yang mungkin ada di antara kelompok-kelompok ini, dan mengintegrasikan mereka.
  3. Pengembangan pribadi siswa sekolah dipupuk di dalam dan di luar batas-batasnya, dengan menciptakan kepribadian yang kuat dan kohesif.
  4. Kembangkan pola perilaku dan sosial baru pada individu dan kerjakan perkembangannya berdasarkan landasan ilmiah dan kognitif sehingga siswa dapat beradaptasi dengan masyarakat di mana ia tinggal.
  5. Pengembangan kemampuan kreatif, sekolah bekerja pada pengembangan kapasitas ilmiah, dan mensponsori ide-ide kreatif, dan mengembangkan keingintahuan siswa akan pengetahuan yang mendorongnya untuk berhasil.
  6. Memberikan suasana yang sesuai yang mendorong siswa untuk menggunakan hak demokrasinya dan hubungan manusianya di sekolah dan sekitarnya.

Peran Sekolah dalam Kesehatan Mental Siswa

Sekolah adalah bangunan pendidikan dan sosial yang paling tepat untuk anak-anak yang berada di urutan kedua setelah keluarga karena menyediakan lingkungan yang berkontribusi pada kesehatan psikologis dan sosial para siswa. Sekolah ini sangat penting dalam memberikan perawatan bagi mereka. Peran keluarga tidak lagi sama. 

Kesibukan dengan pekerjaan, dan kurangnya waktu, dan tanggung jawab yang besar dari para pendidik, tetapi kehidupan sebelumnya ditandai dengan kemudahan dan ada sesuatu yang sederhana, Peran sekolah tidak lagi terbatas pada pendidikan akademik, dan digunakan untuk menerima informasi ilmiah dan berbagai keterampilan, tetapi telah menjadi masyarakat kecil dan aman yang bereaksi di mana anggota satu sama lain, dan terdiri dari kepribadian siswa sebagai akibat dipengaruhi oleh orang lain di sekitarnya, ia menemukan perawatan dan perawatan fisik, mental, psikologis, sosial, pada saat yang sama.

Di sekolah, siswa memperoleh banyak keterampilan, seperti keterampilan berpikir yang dihasilkan oleh kerja kelompok di antara siswa, pembentukan persahabatan, dan berbagai kegiatan di sekolah, semuanya bekerja untuk memperbaiki kepribadian siswa dan mengembangkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dirinya. 

Sekolah memainkan perannya dalam melengkapi peran lingkungan pertama siswa, yaitu keluarga, yang bertujuan untuk membangkitkan generasi yang sehat dan sehat, belajar bagaimana mengusahakan kesuksesan, bagaimana mengatasi kegagalan jalan, dan bagaimana cara berdamai dengan keadaan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sekolah, karakteristik, fungsi dan peran sekolah dalam kesehatan mental siswa. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.